https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/issue/feedTANZIMUNA2025-08-17T13:56:48+07:00Nur Yasinbungyasin@gmail.comOpen Journal Systemshttps://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/100MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PRONOJIWO2025-08-17T11:17:38+07:00siti aminaaminah.elrahmat@gmail.com<p>Student management is a learning process starting from planning student<br>admissions as well as coaching that is carried out while students are at the institution<br>from entering school until graduation. The aim of this research is to find out the<br>management of students at SMP Negeri 2 Pronojiwo, Lumajang district. The method<br>used in this research is qualitative in the form of descriptive analysis, namely research<br>that aims to describe a condition or characteristic as analyzed using qualitative<br>analysis techniques. The techniques used in this research are observation, interviews<br>and comments. Based on the research results, it shows. Based on the research results,<br>it shows that the management of students at SMP Negeri 2 Pronojiwo can be seen<br>from students who prioritize the school literacy movement program which fosters the<br>habit of reading, and several activities in it such as: reciting the Qur'an and dhuha<br>prayers in congregation before learning begins.</p>2025-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 TANZIMUNAhttps://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/103MANAJEMEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENGUBAH KARAKTERISTIK DAN MORAL SISWA DI SMP ISLAM (SMI) LUMAJANG2025-08-17T11:23:20+07:00FATIMATUS ZAHRAfatimatuszahra@gmail.com<p>Pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah proses interaktif<br>antara pendidik dan peserta didik didalam usaha memperoleh pengetahuan yang<br>dibahas dan digali secara langsung dari kitab Al-Quran dan Al-Hadis supaya<br>menjadi orang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan mampu mengubah diri<br>sendiri dari nilai moral sebagaimana yang diajarkan didalam agama Islam yang<br>dianut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana<br>manajemen pembelajaran terhadap karakteristik dan moral siswa di SMP Islam<br>(SMI) Lumajang (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat terkait<br>implementasi pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam<br>merubah karakteristik dan moral siswa di SMP Islam (SMI) Lumajang?<br>Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada manajemen<br>pendidikan agama islam (PAI) untuk mengubah karateristik dan moral siswa<br>yakni dengan melalui program – program yang ada di SMI Lumajang.</p>2025-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 TANZIMUNAhttps://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/98MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MA NURUS SHOLAH JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2022-20232025-08-17T11:11:01+07:00Muhammad Shobirinardishobirin@gmail.com<p>Penelitian ini membahas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Di MA Nurus Sholah Jombang Yosowilangun. dalam penelitian ini memfokuskan pada perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Satu-satunya sumber daya manusia yang dimiliki perasaan, keinginan, keterampilan, wawasan, dorongan, daya, dan karya (rasio, rasa, dan karsa) adalah sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang termasuk dalam penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia meliputi, perencanaaan meliputi job analisis dan merekrut, pengembangan yang meliputi pelatiha dan pembinaan, evaluasi menggunakan sifat evaluasi kinerja tenaga pendidik dengan terbuka dan rahasia.</p>2025-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 TANZIMUNAhttps://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/101PERAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF NU SALAFIYAH TUMPENG CANDIPURO LUMAJANG2025-08-17T11:19:29+07:00nur yasinbungyasin@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh dari manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Pengumpulan data instrumen berupa observasi, angket dan test. Populasi penelitian adalah 335 orang dan sampelnya 37 orang. Penelitian menggunakan beberapa uji regresi dengan uji hipotesis pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan berdasarkan hasil uji Anova nilai signifikansi 0,048 dapat dinyatakan bahwa variabel manajemen kelas berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa<br>. Berdasarkan uji R diperoleh 0,327 menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel hasil belajar dan manajemen kelas termasuk dalam kategori kuat, dapat diartikan 10,7% hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel manajemen kelas. Sisanya 89,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.</p>2025-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 TANZIMUNAhttps://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/99PENGARUH VISI “BERKAH (BERAKHLAQUL KARIMAH, KOMPETITIF, AGAMIS DAN HUMANIS)” TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DAN MUTU PENDIDIKAN DI MA MIFTAHUL ULUM PANDANWANGI2025-08-17T11:15:57+07:00Nawawim.nawawi.jm@gmail.com<p>Visi dan misi menjadi organ tubuh yang wajib ada dalam setiap lembaga pendidikan formal atau non formal. Oleh karena itu kepala sekolah MA Miftahul Ulum Pandanwangi merumuskan visi “Berkah (berakhlaqul karimah, kompetitif, agamis dan humanis)” dengan harapan prestasi belajar siswa semakin meningkat dan sekolah menjadi sekolah yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh visi “Berkah (berakhlaqul karimah, kompetitif, agamis dan humanis)” terhadap prestasi belajar siswa dan mutu pendidikan. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan instrumen berupa angket. Sehingga ditemukan hasil bahwa Ada pengaruh antara visi “Berkah (berakhlaqul karimah, kompetitif, agamis dan humanis)” terhadap prestasi belajar siswa melalui uji t dengan hasil pengujian signifikan di peroleh nilai 0,001 < 0,05 atau nilai thitung > ttabel yaitu 7.013 > 2.004 dan Ada pengaruh antara visi “Berkah” terhadap mutu pendidikan melalui uji t dengan hasil pengujian signifikan di peroleh nilai 0,001 < 0,05 atau nilai thitung > ttabel yaitu 4,252 > 2.004. Jadi dengan perumusan dan pengimlementasian visi itu menjadi penentu meningkatnya prestasi belajar dan mutu pendidikan di MA Miftahul Ulum Pandanwangi.</p>2025-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 TANZIMUNAhttps://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/102MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD TAHFIDZUL QUR’AN AZ-ZAHRA TEMPEH LUMAJANG TAHUN AJARAN 2022/20232025-08-17T11:21:16+07:00Uswatun Uswatun Hasanahuzwahchasanah@gmail.com<p>Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif<br>deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.<br>Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles<br>Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1. Data Collection, 2. Data Condensation,<br>3. Data Display, 4. Conclussion Drawing/Verifiying. Metode keabsahan data menggunakan<br>1. Uji Kredibilitas Data, 2. Uji Transferability, 3. Uji dependability, 4. Uji Confirmability.<br>Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan Perencanaan<br>Pembelajaran Tahfidz di SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra pada tahun ajaran 2022-2023. 2.<br>Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz di SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra<br>pada tahun ajaran 2022-2023. 3. Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Tahfidz di<br>SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra pada tahun ajaran 2022-2023. Kesimpulan penelitian ini<br>berfokus pada 3 aspek : 1. Perencanaan pembelajaran Tahfidz dari adanya rapat bulanan dan<br>tahunan. Metode yang digunakan meliputi buku prestasi siswa, audio, dan bahan ajar 2.<br>Pelaksanaan pembelajaran yang berfokus pada hafalan harian dan mengevaluasi keefektifan<br>metode pembelajaran. 3. Evaluasi pembelajaran tahfidz, memastikan bahwa metode<br>pengajaran tersebut efektif dan sesuai dengan tarjet.</p>2025-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 TANZIMUNA