PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBITIDAIYAH RHOUDLOTUL MA’SUM DESA WONOGRIYO KECAMATAN TEKUNG KABUPATEN LUMAJANG
Keywords:
Mutu pendidikan, Peran kepala sekolahAbstract
Keberhasilan pendidikan dan pengajaran pada suatu lembaga tidak bisa lepas dari peran kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya sebagai administrator dan supervisor. Peran tersebut harus diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Rhoudlatul Ma’sum dan mengetahui peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Rhoudlatul Ma’sum. Metode dan teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Hasil pemaparan penelitian dapat dipaparkan bahwa peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Rhoudlatul Ma’sum dilakukan dengan menerapkan sistem pengelolalaan madrasah yang dilandaskan pada pola pesantren. Pola ini dipadukan dengan sistem pendidikan nasional untuk menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas dan dapat diterima oleh segenap masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 TANZIMUNA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License