Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Madrasah Di Mi Hasyim As’ari Yosowilangun

Authors

  • Rokhmad klm STAIBU KRAI YOSOWILANGUN LUMAJANG

Keywords:

Kualifikasi, Kompetensi Profesional Guru Madrasah, MI Hasyim Asy’ari

Abstract

Kualifikasi tenaga pendidik atau guru dalam lembaga pendidikan mutlak menjadi ditentukan oleh lembaga pendidikan, agar guru madrasah yang diberikan tugas dan wewenang dalam melakukan proses pembelajaran mampu mengoptimalkan pengembangan pengetahuan dan potensi peserta didik. Kompetensi kepribadian di Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asy’ari misalnya, menjadi hal pokok penting. Karena konsep pembelajaran di madrasah sejatinya sama tapi ada penambahan nilai-nilai keagamaan khususnya akhlak, iman dan taqwa. Dari situlah penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian ini berjudul Kualifikasi dan Kompetensi Guru Madrasah di MI Hasyim Asy’ari ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru MI Hasyim Asy’ari Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang. Adapun tujuan dari penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional dan kualifikasi di MI Hasyim Asy’ari Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis tentang kualifikasi dan kompetensi profesional guru di MI Hasyim Asy’ari maka dapat disimpulkan bahwa guru madrasah di MI Hasyim Asy’ari sudah memenuhi beberapa indikator kompetensi profesional dari 5 kompetensi inti yang terdapat pada peraturan menteri pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Downloads

Published

2021-10-10

How to Cite

klm, R. (2021). Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Madrasah Di Mi Hasyim As’ari Yosowilangun. TANZIMUNA, 2(1), 40-48. Retrieved from http://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/56

Issue

Section

Articles