PERAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF NU SALAFIYAH TUMPENG CANDIPURO LUMAJANG

Authors

  • nur yasin Sekolah Tinggi Agama Islam Bustanul Ulum Krai Lumajang

Keywords:

Manajemen kelas, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh dari manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Pengumpulan data instrumen berupa observasi, angket dan test. Populasi penelitian adalah 335 orang dan sampelnya 37 orang. Penelitian menggunakan beberapa uji regresi dengan uji hipotesis pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan berdasarkan hasil uji Anova nilai signifikansi 0,048 dapat dinyatakan bahwa variabel manajemen kelas berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa
. Berdasarkan uji R diperoleh 0,327 menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel hasil belajar dan manajemen kelas termasuk dalam kategori kuat, dapat diartikan 10,7% hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel manajemen kelas. Sisanya 89,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Downloads

Published

2025-08-17

How to Cite

yasin, nur . (2025). PERAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF NU SALAFIYAH TUMPENG CANDIPURO LUMAJANG. TANZIMUNA, 6(2). Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/101