PERAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF NU SALAFIYAH TUMPENG CANDIPURO LUMAJANG
Keywords:
Manajemen kelas, Hasil Belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh dari manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Pengumpulan data instrumen berupa observasi, angket dan test. Populasi penelitian adalah 335 orang dan sampelnya 37 orang. Penelitian menggunakan beberapa uji regresi dengan uji hipotesis pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan berdasarkan hasil uji Anova nilai signifikansi 0,048 dapat dinyatakan bahwa variabel manajemen kelas berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa
. Berdasarkan uji R diperoleh 0,327 menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel hasil belajar dan manajemen kelas termasuk dalam kategori kuat, dapat diartikan 10,7% hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel manajemen kelas. Sisanya 89,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TANZIMUNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License