PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBITIDAIYAH RHOUDLOTUL MA’SUM DESA WONOGRIYO KECAMATAN TEKUNG KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • Siti Romlah staibu

Keywords:

Mutu pendidikan, Peran kepala sekolah

Abstract

Keberhasilan pendidikan dan pengajaran pada suatu lembaga tidak bisa lepas dari peran kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya sebagai administrator dan supervisor. Peran tersebut harus diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Rhoudlatul Ma’sum dan mengetahui  peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Rhoudlatul Ma’sum. Metode dan teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Hasil pemaparan penelitian dapat dipaparkan bahwa peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Rhoudlatul Ma’sum dilakukan dengan menerapkan sistem pengelolalaan madrasah yang dilandaskan pada pola pesantren. Pola ini dipadukan dengan sistem pendidikan nasional untuk menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas dan dapat diterima oleh segenap masyarakat.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Romlah, S. (2020). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBITIDAIYAH RHOUDLOTUL MA’SUM DESA WONOGRIYO KECAMATAN TEKUNG KABUPATEN LUMAJANG. TANZIMUNA, 1(1). Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/21

Issue

Section

Articles