Manajemen Keuangan dalam Kemandirian Pendanaan Taman Kanak-Kanak Al-Uswah Desa Wonogriyo Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang

Authors

  • Selamet mys STAIBU KRAI YOSOWILANGUN LUMAJANG

Keywords:

Manajemen Keuangan, Kemandirian Pendanaan

Abstract

Lembaga pendidikan adalah sebuah wadah atau tempat para anak bangsa menimba ilmu untuk masa depan yang cerah. Ilmu yang telah mereka pelajari secara tidak langsung akan berguna dan bermanfat dalam kehidupan mereka. Setiap lembaga pendidikan pasti memerlukan yang namanya biaya atau dana keuangan. Semua sekolah membutuhkan dana, untuk kegiatan kecil atau besar, atau biaya sarana prasarana yang digunakan untuk kesejahteraan pendidikan. Sebuah lembaga membutuhkan manajemen keuangan atau pembiayaan yang baik agar tidak mengalami kemunduran secara perlahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap manajemen keuangan lembaga TK Al-Uswah,  kemandirian pendanaan di TK Al-Uswah dan untuk mengetahui bagaiamna TK Al-Uswah dalam meningkatkan kemandirian pendanaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara. Peneliti menganakisis data dengan cara mereduksi data, mamaparkan data dan menarik kesimpulan. Peneliti memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa manajemen keuangan lembaga TK Al-Uswah melalui beberapa tahap yaitu: penyusunan anggaran, pembukaan dan pemeriksaan. TK Al-Uswah menggali sumber dana yang adan untuk kemandirian pendanaan sekolah, yang di dapat secara pribadi oleh sekolah untuk mencukupi dana operasional sekolah TK Al-Uswah

Downloads

Published

2021-10-10

How to Cite

mys, S. (2021). Manajemen Keuangan dalam Kemandirian Pendanaan Taman Kanak-Kanak Al-Uswah Desa Wonogriyo Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang. TANZIMUNA, 2(1), 18-28. Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/52

Issue

Section

Articles