Manajemen Keuangan dalam Kemandirian Pendanaan Taman Kanak-Kanak Al-Uswah Desa Wonogriyo Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang
Keywords:
Manajemen Keuangan, Kemandirian PendanaanAbstract
Lembaga pendidikan adalah sebuah wadah atau tempat para anak bangsa menimba ilmu untuk masa depan yang cerah. Ilmu yang telah mereka pelajari secara tidak langsung akan berguna dan bermanfat dalam kehidupan mereka. Setiap lembaga pendidikan pasti memerlukan yang namanya biaya atau dana keuangan. Semua sekolah membutuhkan dana, untuk kegiatan kecil atau besar, atau biaya sarana prasarana yang digunakan untuk kesejahteraan pendidikan. Sebuah lembaga membutuhkan manajemen keuangan atau pembiayaan yang baik agar tidak mengalami kemunduran secara perlahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap manajemen keuangan lembaga TK Al-Uswah, kemandirian pendanaan di TK Al-Uswah dan untuk mengetahui bagaiamna TK Al-Uswah dalam meningkatkan kemandirian pendanaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara. Peneliti menganakisis data dengan cara mereduksi data, mamaparkan data dan menarik kesimpulan. Peneliti memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa manajemen keuangan lembaga TK Al-Uswah melalui beberapa tahap yaitu: penyusunan anggaran, pembukaan dan pemeriksaan. TK Al-Uswah menggali sumber dana yang adan untuk kemandirian pendanaan sekolah, yang di dapat secara pribadi oleh sekolah untuk mencukupi dana operasional sekolah TK Al-Uswah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 TANZIMUNA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License