EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH PUTRI

Authors

  • ahmadi ahmadi staialwi.ac.id

Keywords:

Efektivitas, Media, dan Prestasi.

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, media dapat digunakan untuk memperlancar komunikasi pembelajaran. Media pembelajaran dalam pendidikan disebut dengan media instruksional edukatif. Pada hakikatnya, media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu. Dengan bantuan media, batas-batas itu hampir menjadi tidak ada dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yang sekaligus penulis adalah: (a) observasi partisipatif atau pengamatan peran serta. Dengan kata lain, peneliti terjun langsung ke arena penelitian dan mendatangi segala bentuk aspek latar belakang subyek dan menenggelamkan diri dalam dunia aktor dan situasi yang sesuai dengan ancangan obyek penelitian; (b) metode interview juga menjadi tools atau alat yang peneliti lakukan baik secara terbuka maupun terstruktur untuk memenuhi dan memberi batasan terhadap fokus penelitian; dan (c) dokumentasi menjadi titik tekan ke tiga dalam mencari bahan-bahan informasi yang relevan yang secara sengaja terekam dalam satuan gambar, suara, tabel, struktur dan lain-lain sehingga dapat memperkuat data-data penelitian. Sebagai pembedah data, penulis menggunakan metode deskripsi reflektif. Langkah-langkah yang ditempuh sebagai berikut: (a) memberikan page number  (nomor halaman) terhadap data yang tergabung berdasarkan waktu pengumpulan dan kategori-ketegori; (b) menyimak kembali keseluruhan data sambil lalu memberikan second of page number (nomor halaman kedua) berdasarkan kategori-kategori yang telah tersusun; (c) membubuhi nomor pasangan pada masing-masing kategori yang di temukan kemudian mencatatnya dalam laporan penelitian. Dari uraian di atas, peneliti dapat memberi gambaran bahwa efektivitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Putri menunjukkan ketidakseimbangan antara efektivitas penggunaan media pembelajaran, dan efektivitas peningkatan prestasi belajar siswa seperti diterangkan dalam bab terakhir.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

ahmadi, ahmadi. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH PUTRI. TANZIMUNA, 3(1). Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/68

Issue

Section

Articles