EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH PUTRI
Keywords:
Efektivitas, Media, dan Prestasi.Abstract
Dalam proses belajar mengajar, media dapat digunakan untuk memperlancar komunikasi pembelajaran. Media pembelajaran dalam pendidikan disebut dengan media instruksional edukatif. Pada hakikatnya, media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu. Dengan bantuan media, batas-batas itu hampir menjadi tidak ada dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yang sekaligus penulis adalah: (a) observasi partisipatif atau pengamatan peran serta. Dengan kata lain, peneliti terjun langsung ke arena penelitian dan mendatangi segala bentuk aspek latar belakang subyek dan menenggelamkan diri dalam dunia aktor dan situasi yang sesuai dengan ancangan obyek penelitian; (b) metode interview juga menjadi tools atau alat yang peneliti lakukan baik secara terbuka maupun terstruktur untuk memenuhi dan memberi batasan terhadap fokus penelitian; dan (c) dokumentasi menjadi titik tekan ke tiga dalam mencari bahan-bahan informasi yang relevan yang secara sengaja terekam dalam satuan gambar, suara, tabel, struktur dan lain-lain sehingga dapat memperkuat data-data penelitian. Sebagai pembedah data, penulis menggunakan metode deskripsi reflektif. Langkah-langkah yang ditempuh sebagai berikut: (a) memberikan page number (nomor halaman) terhadap data yang tergabung berdasarkan waktu pengumpulan dan kategori-ketegori; (b) menyimak kembali keseluruhan data sambil lalu memberikan second of page number (nomor halaman kedua) berdasarkan kategori-kategori yang telah tersusun; (c) membubuhi nomor pasangan pada masing-masing kategori yang di temukan kemudian mencatatnya dalam laporan penelitian. Dari uraian di atas, peneliti dapat memberi gambaran bahwa efektivitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Putri menunjukkan ketidakseimbangan antara efektivitas penggunaan media pembelajaran, dan efektivitas peningkatan prestasi belajar siswa seperti diterangkan dalam bab terakhir.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TANZIMUNA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License