EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH KALAM
Keywords:
Metode pembelajaran, Inside Outside Circle, kemampuan maharah kalamAbstract
Penelitian kuantitatif eksperimen ini didasarkan dari latar belakang pembelajaran bahasa arab di MA Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo yang belum maksimal. Pembelajaran bahasa arab khususnya dalam kemampuan maharah kalam masih sangat rendah dikarenakan metode yang dipakai membosankan dan penyampaiannya menoton. Sehingga diperlukan adanya tindakan yang dapat meningkatkan kemampuan maharah kalam dengan menggunakan metode inside outside circle. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pre-test, post-test design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling census (sampel jenuh dan sampel sensus), sampel yang digunakan berjumlah 25 siswa yang diambil dari kelas X IPA yang berjumlah 12 siswa dan X IPS yang berjumlah 13 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis “t” test. Permasalahan yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana implementasi metode inside outside circle dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam. Hasil penelitian ini berdasarkan koefisien yang diperoleh dapat dituliskan: thitung = 8,509 dan ttabel pada ?= 5% dan df= (12+13-2) = 2,069. Oleh karena t hitung ? t table hal ini menunjukkan bahwa metode inside outside circle (IOC) dapat meningkatkan kemampuan maharah kalam di MA Miftahul Ulum Bangkak Wongsorejo Banyuwangi tahun pelajaran 2017/2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TANZIMUNA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License