TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST-TRUTH: MEMPERKUAT KRITISISME, ETIKA, DAN KEPATUHAN

TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST-TRUTH: MEMPERKUAT KRITISISME, ETIKA, DAN KEPATUHAN

Authors

  • Erlin Indaya Ningsih,Hairul Ulum STAI Miftahul Ulum Lumajang

Keywords:

Pendidikan Islam, Era Post-Truth, Kritisisme, Etika, Kepatuhan, Desinformasi, Pemahaman Kebenaran

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi tantangan yang dihadapi pendidikan Islam dalam konteks era post-truth. Penelitian ini menguraikan pentingnya meningkatkan kritisisme, etika, dan kepatuhan dalam pendidikan Islam sebagai respons terhadap pergeseran pandangan terhadap kebenaran dan otoritas. Dalam menghadapi tantangan ini, peningkatan kritisisme menjadi kunci untuk membantu peserta didik menyaring informasi yang valid. Metode dan pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kritisisme dalam konteks pendidikan Islam di era post-truth juga dibahas. Selain itu, etika berperan penting dalam membangun pemahaman yang benar dan bertanggung jawab dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menguraikan prinsip-prinsip etika komunikasi yang harus diperkuat dalam interaksi antara pendidik dan peserta didik. sehingga, kepatuhan terhadap ajaran agama ditekankan sebagai aspek penting dalam memperkuat pendidikan Islam di era post-truth. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan Islam dapat menghadapi tantangan di era post-truth. Kesimpulan artikel ini mencakup strategi praktis untuk memperkuat kritisisme, etika, dan kepatuhan dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian  ini berkontribusi pada pemahaman lebih baik tentang kompleksitas era informasi modern dan bagaimana pendidikan Islam dapat menjaga integritasnya dalam lingkungan ini.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Erlin Indaya Ningsih,Hairul Ulum. (2024). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST-TRUTH: MEMPERKUAT KRITISISME, ETIKA, DAN KEPATUHAN : TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST-TRUTH: MEMPERKUAT KRITISISME, ETIKA, DAN KEPATUHAN . TANZIMUNA, 4(1), 1 -14. Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/84