TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST-TRUTH: MEMPERKUAT KRITISISME, ETIKA, DAN KEPATUHAN
TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST-TRUTH: MEMPERKUAT KRITISISME, ETIKA, DAN KEPATUHAN
Keywords:
Pendidikan Islam, Era Post-Truth, Kritisisme, Etika, Kepatuhan, Desinformasi, Pemahaman KebenaranAbstract
Artikel ini mengeksplorasi tantangan yang dihadapi pendidikan Islam dalam konteks era post-truth. Penelitian ini menguraikan pentingnya meningkatkan kritisisme, etika, dan kepatuhan dalam pendidikan Islam sebagai respons terhadap pergeseran pandangan terhadap kebenaran dan otoritas. Dalam menghadapi tantangan ini, peningkatan kritisisme menjadi kunci untuk membantu peserta didik menyaring informasi yang valid. Metode dan pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kritisisme dalam konteks pendidikan Islam di era post-truth juga dibahas. Selain itu, etika berperan penting dalam membangun pemahaman yang benar dan bertanggung jawab dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menguraikan prinsip-prinsip etika komunikasi yang harus diperkuat dalam interaksi antara pendidik dan peserta didik. sehingga, kepatuhan terhadap ajaran agama ditekankan sebagai aspek penting dalam memperkuat pendidikan Islam di era post-truth. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan Islam dapat menghadapi tantangan di era post-truth. Kesimpulan artikel ini mencakup strategi praktis untuk memperkuat kritisisme, etika, dan kepatuhan dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman lebih baik tentang kompleksitas era informasi modern dan bagaimana pendidikan Islam dapat menjaga integritasnya dalam lingkungan ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TANZIMUNA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License