PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES

Authors

  • Zainal STAI Miftahul Ulum Lumajang

Keywords:

Hasil belajar, Aktivitas belajar, Examples Non Examples, Matematika

Abstract

Pendidikan merupakan proses membantu manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Model pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru adalah model pembelajaran konvensional, dimana kegiatan siswa di kelas cenderung pasif. Maka, guru dituntut untuk memilih model pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimanakah meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples materi persegi dan persegi panjang? dan Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples materi persegi dan persegi panjang?. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 22-30 September 2022 di kelas VII MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan Persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71,22% dan siklus ke II sebesar 86,10%, secara klasikal persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 72,22% dan pada siklus II sebesar 88,89%. Maka aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples meningkat.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Zainal. (2024). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES . TANZIMUNA, 4(1), 1-14. Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/85