PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES
Keywords:
Hasil belajar, Aktivitas belajar, Examples Non Examples, MatematikaAbstract
Pendidikan merupakan proses membantu manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Model pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru adalah model pembelajaran konvensional, dimana kegiatan siswa di kelas cenderung pasif. Maka, guru dituntut untuk memilih model pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimanakah meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples materi persegi dan persegi panjang? dan Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples materi persegi dan persegi panjang?. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 22-30 September 2022 di kelas VII MTs Modern Hidayatul Hasan Lumajang. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan Persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71,22% dan siklus ke II sebesar 86,10%, secara klasikal persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 72,22% dan pada siklus II sebesar 88,89%. Maka aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples meningkat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TANZIMUNA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License