MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD TAHFIDZUL QUR’AN AZ-ZAHRA TEMPEH LUMAJANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Uswatun Uswatun Hasanah STAI BUSTANUL ULUM

Keywords:

Manajemen Pembelajaran dan Tahfidzul Qur’an

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles
Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1. Data Collection, 2. Data Condensation,
3. Data Display, 4. Conclussion Drawing/Verifiying. Metode keabsahan data menggunakan
1. Uji Kredibilitas Data, 2. Uji Transferability, 3. Uji dependability, 4. Uji Confirmability.
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan Perencanaan
Pembelajaran Tahfidz di SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra pada tahun ajaran 2022-2023. 2.
Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz di SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra
pada tahun ajaran 2022-2023. 3. Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Tahfidz di
SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra pada tahun ajaran 2022-2023. Kesimpulan penelitian ini
berfokus pada 3 aspek : 1. Perencanaan pembelajaran Tahfidz dari adanya rapat bulanan dan
tahunan. Metode yang digunakan meliputi buku prestasi siswa, audio, dan bahan ajar 2.
Pelaksanaan pembelajaran yang berfokus pada hafalan harian dan mengevaluasi keefektifan
metode pembelajaran. 3. Evaluasi pembelajaran tahfidz, memastikan bahwa metode
pengajaran tersebut efektif dan sesuai dengan tarjet.

Downloads

Published

2025-08-17

How to Cite

Uswatun Hasanah, U. (2025). MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD TAHFIDZUL QUR’AN AZ-ZAHRA TEMPEH LUMAJANG TAHUN AJARAN 2022/2023. TANZIMUNA, 6(2). Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/102