MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD TAHFIDZUL QUR’AN AZ-ZAHRA TEMPEH LUMAJANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Manajemen Pembelajaran dan Tahfidzul Qur’anAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles
Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1. Data Collection, 2. Data Condensation,
3. Data Display, 4. Conclussion Drawing/Verifiying. Metode keabsahan data menggunakan
1. Uji Kredibilitas Data, 2. Uji Transferability, 3. Uji dependability, 4. Uji Confirmability.
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan Perencanaan
Pembelajaran Tahfidz di SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra pada tahun ajaran 2022-2023. 2.
Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz di SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra
pada tahun ajaran 2022-2023. 3. Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Tahfidz di
SD Tahfidzul Qur’an Az Zahra pada tahun ajaran 2022-2023. Kesimpulan penelitian ini
berfokus pada 3 aspek : 1. Perencanaan pembelajaran Tahfidz dari adanya rapat bulanan dan
tahunan. Metode yang digunakan meliputi buku prestasi siswa, audio, dan bahan ajar 2.
Pelaksanaan pembelajaran yang berfokus pada hafalan harian dan mengevaluasi keefektifan
metode pembelajaran. 3. Evaluasi pembelajaran tahfidz, memastikan bahwa metode
pengajaran tersebut efektif dan sesuai dengan tarjet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TANZIMUNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License