HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH PESERTA DIDIK MI NURUL ISLAM KRAI KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG
Keywords:
Sarana Dan Prasarana, Hasil BelajarAbstract
Sarana merupakan faktor yang penting dalam menentukan apakah sebuah sekolah layak dikatakan ideal. Sebuah pendapat telah dijabarkan diatas, bahwa suatu pendapat juga mengatakan bahwa sekolah bisa dikatakan ideal jika telah memenuhi seluruh kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar.. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan model korelasi atau hubungan. Penentuan jumalah sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel kelengkapan sarana dan prasarana sekolah memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 23,2324%, dan sisanya 76,7676% ditentukan oleh variabel lain. Untuk hasil hubungan antara kelengkapan sarana dan prasarana sekolah dengan hasil belajar dibuktikan dengan diperolehnya hasil r xy sebesar 0,482 yang berada pada kategiori sedang. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh hasil t hitung > t tabel = 4,067 > 2,048, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TANZIMUNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TANZIMUNA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
TANZIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License