HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH PESERTA DIDIK MI NURUL ISLAM KRAI KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • Uswatun Uswatun Hasanah STAI BUSTANUL ULUM

Keywords:

Sarana Dan Prasarana, Hasil Belajar

Abstract

Sarana merupakan faktor yang penting dalam menentukan apakah sebuah sekolah layak dikatakan ideal. Sebuah pendapat telah dijabarkan diatas, bahwa suatu pendapat juga mengatakan bahwa sekolah bisa dikatakan ideal jika telah memenuhi seluruh kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar.. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan model korelasi atau hubungan. Penentuan jumalah sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel kelengkapan sarana dan prasarana sekolah memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 23,2324%, dan sisanya 76,7676% ditentukan oleh variabel lain. Untuk hasil hubungan antara kelengkapan sarana dan prasarana sekolah dengan hasil belajar dibuktikan dengan diperolehnya hasil r xy sebesar 0,482 yang berada pada kategiori sedang. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh hasil t hitung > t tabel = 4,067 > 2,048, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Uswatun Hasanah, U. (2025). HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH PESERTA DIDIK MI NURUL ISLAM KRAI KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG. TANZIMUNA, 8(1). Retrieved from https://ejournal.staibu.ac.id/index.php/tanzimuna/article/view/96